Jumat, 08 Maret 2019

Pasang kamera CCTV : Tips Mudah Optimalkan Kinerja Kamera CCTV


Pasang kamera CCTV : Tips Mudah Optimalkan Kinerja Kamera CCTV

Ketika pasang kamera CCTV telah selesai dan dapat bekerja dengan baik, bukan berarti Anda bisa membiarkannya tanpa merawatnya. Sebaiknya kamera juga terus dipantau dan dirawat dengan baik agar kamera CCTV yang telah dipasang tetap awet dan berfungsi maksimal.
Berikut beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja kamera CCTV dan meminimalisir kerusakannya :
1.      Menjaga Kebersihan
Ketika pasang kamera CCTV, kebersihan nampaknya memang menjadi hal yang utama dan pertama dalam menjaga agar benda satu ini tetap awet dan berfungsi sesuai keinginan.
Baik lensa kamera, housing, drive unit, DVR, monitor, maupun seluruh komponen yang menjadi sistem yang terintegrasi dan tidak terjaga dengan baik kebersihannya, dikhawatirkan akan mengganggu sistem kerjanya. Utamanya debu dan kotoran yang bisa membuat gambar yang dihasilkan buram dan kualitasnya buruk.

2.      Selalu Perhatikan Keakuratan
Keakuratan nampaknya juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Baik keakuratan mengenai waktu, indikator, pengendalian telemetri maupun DVR perlu diperhatikan karena sewaktu-waktu dapat diketahui apakah sedang mengalami kerusakan ataupun tidak.

3.      Perhatikan Komponen Kamera CCTV
Penting untuk memperhatikan setiap komponen kamera CCTV ini. Termasuk juga koneksi maupun kabelnya agar kamera dapat berfungsi dan bekerja dengan baik.


Hal ini karena kamera CCTV ini merupakan satu kesatuan sistem yang bekerjanya saling mempengaruh. Sehingga apabila ada salah satu komponen yang mengalami gangguan atau kerusakan akan mempengaruhi komponen lain yang nantinya akan berdampak pada kualitas maupun hasil dari rekaman itu sendiri.

4.      Berikan Pelindung Pada Kamera Outdoor
Kekurangan dari kamera CCTV outdoor adalah paparan sinar matahari dan air hujan yang dapat mengganggu aktivitas bekerjanya kamera. Untuk itu, diperlukan pelindung yang mampu mendukung kerja kamera agar tetap berfungsi dengan baik dan meminimalisir kerusakan. Pelindung yang dimaksud adalah berupa lempengan besi tipis yang dipasang di sekitar kamera.

5.      Perhatikan Pengaturan rekamannya
Rekaman memang harus diperhatikan agar kamera dapat berfungsi secara efektif. Pengaturan mengenai mode rekaman akan berpengaruh pada jangka waktu penyimpanan maupun hasil atau kualitas dari rekaman itu sendiri. Sehingga, memang harus teliti untuk kebutuhan yang diinginkan.

Posisi kamera juga mempengaruhi setiap rekaman yang dihasilkan. Untuk itu selalu perhatikan posisi kamera agar selalu menghasilkan rekaman yang kualitasnya baik dan jelas. Penyanggah kamera juga dapat mempengaruhi posisi kamera sehingga perlu juga untuk diperhatikan. Yang mana fungsinya adalah pendukung dari posisi operasional kamera CCTV tersebut.

6.      Melakukan Backup Secara Berkala
Kamera CCTV yang memang bekerja 24 jam non stop memberikan hasil rekaman yang panjang. Pasalnya, ada bagian-bagian yang kurang atau bahkan tidak penting sehingga kapasitas rekaman membutuhkan ruang yang lebih banyak untuk melakukan perekaman selanjutnya.

Untuk menyiasatinya, diperlukan menghapus rekaman yang sekiranya tidak diperlukan agar kapasitas rekaman tetap terjaga dan mencegah penumpukan rekaman yang tidak penting.

7.      Perhatikan DVR (Digital Video Recorder)
DVR yang berfungsi sebagai perekam maupun penyimpan hasil rekaman memang harus sebisa mungkin diperhatikan, karena inilah yang paling utama. DVR perlu diperlakukan dengan baik diantaranya: menempatkan DVR sesuai posisi yang tepat, memberikan komponen pendukung tambahan, memeriksa komponen atau bagian dalam dari DVR.

Perlu diketahui juga untuk selalu update firmware terbaru untuk referensi DVR, sebisa mungkin memaksimalkan konfigurasi video, memeriksa rentang waktu rekaman yang telah terekam kamera, dan tidak kalah penting untuk selalu memeriksa pengaturan keamanan.
Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan ketika pasang kameraCCTV. Hal ini semata-mata untuk menjaga agar kamera CCTV tetap awet dan kerusakan dapat diminimalisir sebisa mungkin.Selengkapnya jp cctv

0 komentar:

Posting Komentar