Jumat, 29 November 2019

Waspadai 5 Penyebab Penyakit Gagal Ginjal dan Kenali Gejalanya Berikut Ini!


Waspadai 5 Penyebab Penyakit Gagal Ginjal dan Kenali Gejalanya Berikut Ini!

Pernah mendengar harga ginjal manusia sangat mahal harga? Hal ini memang benar terjadi, jikapun memang diperjualbelikan harganya bisa sampai ratusan juta rupiah. Untuk itu ada baiknya Anda yang sudah diberikan kesehatan, khususnya pada organ ekskresi yang satu ini maka menjaganya dengan baik. Sehingga nantinya ginjal tetap sehat, faktanya memang semakin bertambahnya usia, maka resiko terjangkit penyakit yang satu ini juga semakin tinggi, mulai dari infeksi biasa sampai dengan penyakit gagal ginjal.

Jika ginjal mengalami kegagalan di dalam melakukan pekerjaannya, yaitu untuk menyaring darah menjadi urine yang dikeluarkan dari tubuh, sudah pasti akan menganggu kinerja dari organ-organ tubuh yang lainnya. Racun-racun yang ada di dalam tubuh semakin lama semakin menumpuk, karena tidak dapat dikeluarkan, sehingga bisa menyebabkan kematian. Kenali juga beberapa gejala dari penyakit kronis yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Perubahan yang terjadi pada frekuensi ketika buang air kecil, biasanya warna urine yang dikeluarkan juga berubah, diantaranya adalah perubahan yang terjadi pada warnanya disertai juga dengan keberadaan busa pada urine tersebut.
  2. Tubuh mulai mengalami pembengkakan, hal ini disebabkan karena memang cairan sisa atau zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh tidak dikeluarkan secara normal, sehingga menyebabkan tubuh membengkak.
  3. Anemia, mereka yang mengalami gagal ginjal umumnya juga akan merasakan gejala anemia, seperti diantaranya tubuh menjadi lemas dan penderitanya juga akan merasa kedinginan sepanjang waktu.
  4. Sakit pada bagian belakang tubuh, khususnya adalah tempat dimana ginjal tersebut berada, bisa salah satunya atau juga kedua-duanya yang mengalami kegagalan dalam bekerja menyaring darah, sehingga terasa sakit.
  5. Sesak napas, gagal ginjal ini menyebabkan penumpukan cairan yang berlebihan di dalam paru-paru, sehingga penderitanya juga akan mengalami sesak napas. Kondisi anemia juga akan membuat darah kesulitan di dalam menginap oksigen.
  6. Mual dan muntah, kondisi tersebut disebabkan karena zat-zat racun masih menumpuk di dalam tubuh, tidak dibuang sebagaimana mestinya, sehingga salah satunya keluar dalam bentuk muntahan, reaksi tubuh untuk mengeluarkan zat racun.
  7. Sering pusing, disebabkan karena memang sel-sel otak kekurangan oksigen.


Ada beberapa faktor yang rentan menyebabkan gagal ginjal ini dan harus Anda waspadai, diantaranya adalah:

  1. Merokok, perokok ini memiliki darah yang lebih kental dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, karena memang mengandung zat-zat yang bersifat racun, sehingga membuat ginjal harus bekerja keras untuk menyaringnya.
  2. Terlalu sering mengonsumsi makanan maupun minuman yang tinggi kandungan gula, bisa memicu penyakit diabetes dan juga obesitas, mereka dengan kondisi semacam ini juga rentan sekali terkena gagal ginjal.
  3. Kurang mengonsumsi air putih, penting bagi Anda mencukupi kebutuhan air putih harian dengan tujuan untuk membantu kinerja ginjal semakin lancar, sehingga tidak sampai mengalami masalah.
  4. Infeksi karena bakteri maupun virus yang menyerang ginjal, sehingga merusak beberapa bagian di dalamnya dan rentan sebabkan kegagalan.
  5. Gagal jantung, mereka yang menderita gagal jantung nantinya akan bermasalah dengan peredaran darahnya, mengurangi pasokan darah ke ginjal, sehingga menyebabkan kinerjanya juga bermasalah.

Untuk itu mulai sekarang biasakan untuk menjaga kesehatan Anda, terapkan pola hidup sehat dan diimbangi dengan rutinitas olahraga. Sehingga bisa terhindar dari penyakit gagal ginjal tersebut. Jika sudah terkena penyakit ini maka Anda harus menghabiskan sisa hidup dengan cuci darah secara rutin.


0 komentar:

Posting Komentar